oleh

Hebat,,, 7 Karakter Pemimpin Ideal oleh Ketua IV LMR-RI Presidium Pusat

LMR-RI, JAKARTA –  7 Karakter Utama Pemimpin Ideal adalah deskripsi yang menjelaskan tentang point-point yang harus dimiliki seorang pemimpin. Baik secara sempit maupun luas, seorang pemimpin tentunya perlu mengetahui dan memiliki sifat dari 7 karakter utama pemimpin ideal.

Seorang pemimpin adalah individu dengan jiwa yang terlatih dan mampu melatih individu-individu lain untuk mewujudkan visi yang bersifat seragam. Seorang pemimpin diharuskan mampu melibatkan diri dalam unsur keberagaman sifat anggota yang menjadi tanggung jawabnya. Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang mampu membawa misi kelompoknya ke arah yang baik dan tetap teguh merangkul semua anggota kelompok.

Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Cerdas

Kecerdasan adalah titik tentu yang idealnya harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Kecerdasan merupakan point utama yang menentukan seberapa baik langkah yang diambil oleh seorang pemimpin jika dihadapkan oleh suatu masalah kelompok. Pemimpin ideal adalah pemimpin yang cerdas dalam membawa diri yang didukung dengan keunggulan berfikir dan peka terhadap hal-hal sekitar. Dalam menjalankan tugasnya, seorang pemimpin yang ideal akan mampu berfikir luwes dan memiliki ide-ide segar untuk keberlangsungan kepentingan kelompoknya.

Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Berinisiatif

Tidak hanya cerdas, pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang berani berinisiatif jika dihadapkan dengan suatu masalah. Inisiatifme diri jelas dibutuhkan oleh seorang pemimpin demi terciptanya solusi yang bersifat nyata dan menjanjikan. Pemimpin yang berinisiatif adalah pemimpin yang mampu menggerakkan dirinya sendiri terlebih dahulu untuk memulai segala sesuatunya tanpa adanya paksaan. Dengan sifat inisiatif yang ada dalam diri pemimpin, kekuatan diri dari tiap anggota untuk menjalankan misi kelompok pun akan terjamin dengan baik.

Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Bertanggung jawab

Bertanggung jawab berarti berani untuk menanggung efek dari segala keputusan yang timbul akibat tindakan yang telah dilaksanakan. Selain cerdas dan berinisatif, seorang pemimpin yang ideal tentunya perlu memiliki sifat bertanggung jawab. Pengambilan keputusan terhadap cara kerja dan pelaksanaan misi suatu kelompok tentunya diputuskan dengan tidak tergesa-gesa. Pemimpin yang bertanggung jawab adalah pemimpin yang tetap teguh dan mampu berfikir taktis untuk menerima segala resiko yang timbul dari keputusan yang diambil.

Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Dapat Dipercaya

Karakter yang satu ini tentunya timbul dari seberapa berhasilnya seorang pemimpin dalam menggerakkan anggotanya dan bijak dalam mengambil keputusan. Pemimpin ideal adalah pemimpin yang tanpa perlu berfikir ulang, anggotanya akan dengan kesungguhan hati mampu mempercayai pemimpin tersebut untuk mengambil keputusan. Pemimpin yang dapat dipercaya adalah pemimpin yang mampu mendamaikan hati semua anggota. Dengan pemimpin yang dapat dipercaya, setiap anggota akan merasa lebih terpacu untuk menyatukan hati dan menciptakan keseragaman kelompok demi terciptanya keutuhan.

Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Jujur

Kejujuran dalam diri seseorang tentunya menjadi point khas yang harus dimiliki oleh seorang manusia, terutama oleh seorang pemimpin. Pemimpin yang jujur menjanjikan keterbukaan dan keluwesan dalam memberikan segala informasi yang mencakup kepentingan kelompok. Kejujuran yang ada dalam diri seorang pemimpin akan menjadi ciri khas tersendiri yang mampu diandalkan oleh anggota. Pemimpin ideal dengan tingkat kejujuran tinggi akan mendapatkan kepercayaan yang luas dari kelompoknya.

Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Rela Berkorban

Rela berkorban berarti rela menerjunkan diri dalam kepentingan kelompoknya dibandingkan dengan kepentingan pribadi. Pemimpin yang rela berkorban akan mampu memfokuskan diri untuk mencapai visi kelompok secara detail. Sifat rela berkorban ini pun tentunya harus didasari dengan kecerdasan dan kebijakan dari seorang pemimpin. Pemimpin ideal yang rela berkorban akan mampu mengambil keputusan secara tepat tanpa merugikan banyak pihak.

Para Pimpinan di Prsidium Pusat, Saat Rakernas I di Kota Batu Malang Jawa Timur. Dari Kiri, Ibrahim SE, (Bendahara), Ir. Moh. Dahlan Foudubun (Sekjen), Agustinus L. Kilikily S.H. (Ketum), Ir. Jumadi SH (Ketua IV), Drs. Etalo MA (Ketua I)

Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Dicintai dan Mencintai

Kualitas Wajib Seorang Pemimpin

Santun

Sikap santun merupakan dasar dalam kepemimpinan. Kemampuan untuk mudah mengungkapkan rasa hormat atau syukur dengan mengucapkan kata-kata seperti ‘tolong’ dan ‘terima kasih’.

Murah Hati

Murah hati di sini bukan berarti berkaitan dengan uang. Murah hati lebih ke arah keikhlasan Anda untuk mengabdikan waktu, usaha dan kesabaran terhadap rekan kerja Anda, teman atau orang di sekitar tanpa harus memiliki rasa ingin mendapatkan imbalan.

Renda Hati

Ken Blanchard, seorang ahli di bidang manajemen, mengatakan “Orang yang rendah hati bukannya tidak memikirkan tentang diri mereka sendiri, namun mereka hanya mengurangi waktunya untuk memikirkan diri sendiri.”

Empati

Dengan menempatkan diri pada keadaan yang orang lain sedang rasakan, Anda akan menjadi lebih mampu dan efektif dalam memimpin sebuah tim.

Mempertimbangkan

Mempertimbangkan segala akibat dan kemungkinan yang akan terjadi merupakan kualitas umum yang harus dimiliki oleh orang yang ingin memiliki sikap kepemimpinan. Pertimbangan di sini berarti mempunyai pemikiran tulus terhadap situasi orang lain seperti kesejahteraan mereka, situasi yang sedang mereka hadapi hingga opini pribadi mereka.

Keberanian

Ada alasan di balik mengapa Aristotle menempatakan keberanian sebagai sifat dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Keberanian merupakan alasan simple yang dapat membuat seseorang mengambil keputusan. Pemimpin yang terbaik adalah pemimpin yang berani dalam memutuskan pilihan-pilihan sulit dan menerima risiko demi untuk mendapatkan hasil terbaik.

Belas Asih

Belas kasih adalah kondisi mental yang berarti mempunyai perhatian lebih terhadap mereka yang sedang memiliki nasib kurang beruntung dan aspirasi untuk membantu mereka tersebut.

Integritas

Komitmen sesorang atau kemauan untuk melaksanakan kewajiban dengan alasan yang sebenarnya, tidak perduli dengan keadaan yang sedang terjadi merupakan definisi dari integritas. Orang yang mempunyai integritas tidak mampu untuk melanggar kepercayaan yang telah diamanahkan dan sulit untuk melakukan korupsi. Mampu memilih dan menjalani yang benar terlepas dari konsekuensi yang akan diterima adalah ciri dari seorang berintegritas tinggi.

Sopan

Peter Ducker pernah mengatakan “sikap sopan bagaikan oli yang semakin memperlancar jalannya suatu organisasi.” Sikap sopan adalah sikap paling esensial yang harus dibangun agar hubungan yang profesional dapat berjalan lancar dan lama, begitupun sikap saling menghormati yang harus dibangun dalam lingkungan kantor.

Penyesalan

Bila Anda merasa telah melakukan kesalahan, janganlah ragu untuk mengatakan maaf dan menyesal telah melakukan tindakan tersebut. Dengan begitu, Anda telah menunjukkan bahwa Anda adalah pemimpin yang berjiwa besar.

Hanya beberapa orang saja yang memiliki kualitas yang dikategorikan sebagai natural born leaders. Namun walaupun Anda tidak memiliki semua kualitas di atas, Anda tetap bisa untuk menjadi seorang pemimpin dengan belajar sikap-sikap diatas. Malahan, semua dari kita seharusny bisa bersikap seperti tersebut.

Ditulis Oleh :

Jumadi, ST,  S.H.

Ketua 4 LMR-RI Presidium Pusat

Membawahi Kompartemen : Informatika dan Laskar

[*red]

 

 

Sumber: Nusantaraexpress.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed