oleh

LMR-RI Komwil Papua Komitmen Bantu Pemkab Jayapura Atasi Masalah Sampah

LMR-RI, SENTANI – Lembaga Missi Reaclesering Republik Indonesia (LMR-RI) sebagai sebuah lembaga yang berasal dari rakyat dan dalam karyanya harus berada di tengah masyarakat maka tidak ada salahnya jika ikut membantu Pemerintah Kabupaten Jayapura mengatas masalah sampah di Kota Sentani.

Demikian di kemukakan Komandan LMR – RI Wilayah Papua, Imam Syafi’i, SE kepada wartawan di kediamannya, Senin (17/7) kemarin. Dikatakan, persoalan sampah menjadi persoalan yang sangat kompleks sehingga perlu mendapat perhatian dari semua pihak.
“Kami tidak merasa malu jika dengan menggunakan seragam lengkap lalu kami membantu pemerintah dan warga membersihakan sampah sebab apalah arti sebuah seragam jika tidak memberikan manfaat bagi orang lain apalgi LMR RI juga memiliki fungsi reacleserring,” tukasnya.

Menurutnya, komitmen LMR-RI untuk menangani masalah sampah bukan sebagai bentuk mencari perhatian pemerintah tetapi secara kelembagaan LMR-RI sadar betul jika rakyat adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari keberadaaan LMR – RI sehingga persoalan sampah jika mengganggu masyarakat maka LMR – RI akan turun tangan untuk mengatasi masalah tersebut.
“Salah satu langkah konkrit yang akan kami ambil dalam mengatasi masalah sampah adalah dengan dibangunnya sejumla pos pengendalian sampah di sejumlah titik keramaian di Kota Sentani, terutama tempat-tenpat umum seperti Lama Sentani dan Pasar Pharaa Sentani,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, setelah pos-pos pengendalian sampah terbangun selanjutnya mengharapkan pemerintah dapat bekerja sama untuk menempatkan sejumlah anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama anggota LMR-RI menjaga warga yang suka membuang sampah sembarangan.

Dijelaskan, kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih remdah sehingga dengan adanya pos-pos pengendalian sampah tersebut maka petugas selalu menegor bahkan memberikan sanksi sejarah langsung bagi yang kedapatan membuang sampah sembarangan.

Ditempat terpisah, Kepala Pasar Pharaa Sentani Daniel Sokoy menuturkan bahwa keterlibatan pihak lain seperti LMR-RI untuk pengendalian sampah di Pasar Pharaan dan sejumlah pasar lainnya di Kabupaten Jayapura adalah sangat dibutuhkan.
“LMR-RI dapat bekerja secara sungguh-sungguh dan tidak membutuhkan biaya dalam menanagani masalah sampah. Buktinya, LMR-RI beberapa kali terlibat langsung membersihkan sampah dilikungan pasar dengan sukarela tidak pernah memnta biaya kepada pihak pengelola pasar Pharaa,” tukasnya.

Sebab itu, lanjut Sokoy, tidak ada salahnya jika kemudian LMR-RI diberikan kepercayaan penuh oleh pemerintah guna menangani langsung pengendalian sampah supaya keindahan dan keunikan kota Sentani dapat terjaga demi keberlangsungan pembangunan yang berkesinambungan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed