oleh

Makna dan Arti Lambang Kompartemen Intelijen di LMR-RI

Lambang/Logo KIN LMR-RI Piring Roda Cakra yang dapat berputar dan bergerak sendiri ke segala arah.
Bagian Logo terdiri dari :

  1. Tujuh belas kelopak Bunga Wijaya Kusuma : melambangkan hari / tanggal bersejarah Kemerdekaan Republik Indonesia yang dijajah selama kurang lebih 350 Tahun. Bunga Wijaya Kusuma mengartikan pembebesan dari kesengsaraan, tirani, dan ketertindasan oleh belenggu penjajah/imperialisme. Demikian pula Kompartemen Intelijen LMR-RI, bangkit bersama untuk memberikan kehidupan berdemokrasi, Penegakan Hukum dan Keadilan, pengembalian Hak-Hak azasi (Reclasseering) bagi Rakyat Indonesia. Warna bunga kuning Mas melambangkan kebesaran dan kejayaan bangsa Indonesia dalam mewujutkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  2. Delapan Penjuru Mata Angin : Melambangkan pada Bulan kedelapan Republik Indonesia di Proklamasi keseluruh penjuru tanah air dan Dunia dari Empat arah mata angin. tajamnya ujung pena dalam menulis Teks Proklamasi untuk menyatakan Kemerdekaan dan keberanian mengeluarkan tekad. Ujung bambu runcing melengkapi Delapan Penjuru Mata Angin sebagai senjata ampuh perjuangan Indonesia untuk mempertahankan Kemerdekaan dan membina perdamaian abadi dan keadilan Sosial sebagai bangsa yang berdaulat dan bermartabat,,.
  3. Empat Puluh Lima Gigi Roda Cakra : Melambangkan tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dimana Roda Cakra Dunia terus berputar tiada henti, begitupula dengan Perjuangan Kompartemen Intelijen LMR-RI bersama dalam Pemerintah dan Rakyat Indonesia berusaha untuk mewujudkan Tujuan Negara Indonesia seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. yaitu : Melindungi segenap bangsa dan ikut melaksanakan  ketertiban Dunia berdasarkan Kemerdekaan dan perdamaian abadi_.
  4. Pusat Cakra : Terdapat lambang NKRI, Garuda Pancasila dan merah putih warna bendera kebangsaan. yang berarti “GABUNGAN RUPA-RUPA DAERAH”. semboyan Bhineka tunggal ika yang berarti berbeda-beda tetap satu. dari Sabang sampai Merauke , lintas Pulau, lintas Suku, lintas Bahasa dan Budaya, keragaman keyakinan dan kepercayaan serta adat istiadat menunjukan satu kesatuan yang utuh, erat dan tidak terpisahkan dalam wujud Satu Nusa, Satu Bangsa dan satu Bahasa yaitu Indonesia Raya.
  5. Panca Indra Intelijen : Dipusat Cakra terdapat Lambang LMR-RI. pada setiap sisterdapat simboll Mulut, Lidah, Mata, Hidung dan Kuping yang merupakan Panca Indra manusia yang merupakan kekuatan keinginan, cita-cita, kehendak yang diatur oleh akal dan fikiran yang sehat dan tulus sebagai tali kendali, dengan kecerdasan dan sains sebagai pengatur atau pengarah guna mewujudkan harapan bangsa Indonesia yaitu Negara Adil, Makmur, Aman dan Sentosa.-
  6. Lidah :  Di artikan sebagai Bangsa yang berketuhanan Yang Maha Esa serta beragama. harus berani berkata benar dan salah, baik dan buruk, jujr, tidak berbohong bijaksana serta adil dalam berbuat baik sebagai Pemimpin Negara atau Pemimpin Keluarga sebagaimana yang di contohkan oleh Pejuang dan Pendiri Republik ini. Maka keadilan akan tegak berdiri, keamanan terjamin dan masyarakat madani akan terwujud.
  7. Mulut :  Pandai Berbicara, Berkomunikasi, Beradaptasi, serta Begaul dengan sesama teman, bangsa, mencari sandang pangan untuk hidup bukan hidup untuk mencari sandang pangan, sehingga tahu tujuan hidup, semuanya haruslah dengan cara yang halal dan tidak mengambil / merugikan hak-hak orang lain untuk kepentingan diri sendiri.
  8. Mata  : atau Mata ketiga (Clear Foyan). Dapat melihat Masa Lalu, Masa Kini, dan Masa Depan, yang berarti tahu akan apa yang harus diperbuat untuk menyelamatkan Negara dan Bangsa Indonesia. dengan demikian kita dapat melihat pantas atau tidak pantas, salah dan benar, baik dan buruk setiap perbuatan kita, Maka dapat melihat masa depan bangsa kita.-
  9. Hidung  : Dapat mendeteksi, mengetahui, mencium secara dini setiap kemungkinan yang akan terjadi secara tajam dan terarah, sehingga kita tidak akan mudah terprovokasi atau terhasut, di adu-domba satu sama lain dan diperalat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, baik dari dalam maupun dari luar.-
  10. Telinga  : Telinga atau Clear Audiens. Dapat mendengar / mengetahui secara dini setiap informasi dini setiap informasi dari seluruh nusantara dan dari segala penjuru Dunia serta dari delapan arah mata angin secara cepat, tepat, jitu dan akurat. sebagaimana mata angin yang selalu berhembus membawa kabar berita tiada hentinya dan dapat terekam.-

Pedoman Dasar TUPOKSI KIN LMR-RI Presidium Pusat Lembaga Missi Reclasseering Republik Indonesia (LMR-RI) Dikeluarkan pada Tahun 2010.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed