oleh

MISLAM : “Robohnya Sebuah Kekuasaan dan Pembunuhan Karakter”

Robohnya Sebuah Kekuasaan dan Pembunuhan Karakter

Ditulis Oleh: MISLAM

LMR-RI.OR.ID, RIAU – Sebuah tulisan terkadang dianggap remeh dan dianggap tidak memberikan kontribusi positif atau negatif kepada sebuah objek yang ditulis bagi manusia secara keseluruhan. Namun tidak bagi orang-orang tertentu. Tulisan adalah bagian dari dan melekat bagi sesuatu hal yang ditulis, bahkan dengan sebuh tulisan dapat merobohkan kekuasaan dan membunuh karakter seseorang.

 

Jangan Anggap Remeh Sebuah Tulisan

Tulisan dapat memberikan konstribusi secara positif dan negatif, tergantung bagaimana memposisikan sebuah tulisan, arah kanan atau kiri. Dan hal ini sangat berkaitan dengan si penulis itu sendiri.

 

Dukungan Teknologi Berbasis Internet

Dengan perkembangan teknologi sedemikian pesatnya, menulis juga ikut berkembang pesat, bahkan banyak tulisan-tulisan yang selama ini tidak muncul ke permukaan terus bermunculan bak jamur dimusim hujan.

Melalui media elektronik setiap manusia dapat memperoleh bahan untuk menjadikan modal dasar penulisan, sehingga penulis dapat meminimalisir dan efisien dengan waktu, biaya, juga tenaga.

Bahkan saat ini penulis juga bisa berbagi semua tulisan dengan siapapun, dimanapun dan kapanpun  hanya dengan berada menggunakan gadget teknologi berbasis internet. Begitu juga para pembaca, akan lebih mudah untuk melihat tulisan-tulisan yang digemarinya dengan biaya murah dan efesien.

 

[nextpage title=”next”]


Benarkah Sebuah Tulisan Mampu Merobohkan Kekuasaan?

 

Ya, tulisan yang seperti apa?.

Biasanya tulisan yang akan merobohkan sebuah kekuasaan akan muncul pada saat hilangnya rasa malu pemimpin yang berebut kuasa dalam kekuasaan. Hal ini menjadikan beberapa penulis akan mengarahkan tulisannya kepada hal-hal yang tidak berpihak kepada kemaslahatan manusia secara keseluruhan. Terlebih lagi kepada pemimpin yang dholim. Sadar atau tidak sadar, akan bermunculan tulisan-tulisan yang memborbardir dan akan mengakibatkan runtuhnya sebuah kekuasaan.

 

Pembunuhan Karakter

 

Pembunuhan karakter adalah upaya atau usaha untuk mencoreng reputasi atau nama baik seseorang. Upaya atau tindakan pembunuhan karakter ini bisa dengan cara pernyataan yang melebihan atau memanipulasi fakta guna memberikan citra yang kurang bagus dan tidak benar terhadap seseorang yang dituju.

Beberapa peristiwa yang terjadi pada masa-masa terdahulu memberikan contoh-contoh konkrit terhadap pembunuhan karakter seperti yang dilakukan oleh para penjajah di era penjajahan belanda dengan menghasilkan adu domba.

Apakah ada di era digital seperti saat ini masih dilakukan oleh orang-orang tertentu. Justru pada era digital ini lebih memungkinkan untuk melakukanya, karena dengan biaya yang murah dan dalam sekejab informasi bisa di publis dan selanjutnya bisa dikonsumsi oleh para pembaca.

 

Duri, 1 Desember 2020

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed